Rabu, 29 Februari 2012

Fenomena Benda Tanpa Bayangan Matahari Akan Terjadi di Solo

Zona Aneh - Fenomena Benda Tanpa Bayangan Matahari Akan Terjadi di Solo - Fenomena alam menarik akan terjadi di Solo, Jawa Tengah. Tepat pukul 12.00 WIB, di Solo, Jateng, semua benda tak memiliki bayangan matahari. Fenomena ini terjadi karena posisi matahari persis di atas kepala.

Pantauan detikcom, Kamis (1/3/2012), cuaca Solo cerah. Tidak ada tanda-tanda sang surya bakal terhalang mendung.

Hari ini, jika memasang tongkat di tempat terbuka di Solo, tepat pukul 12.00 WIB, tidak ada bayangan terlihat. Berbeda pada hari biasa, bayangan masih terlihat karena meski matahari berada di atas kepala, posisinya sedikit menyamping.

Fenomena khusus ini sebenarnya peristiwa rutin, terjadi karena ada gerak semu matahari. Gerak semu ini membuat matahari singgah di tempat-tempat antara 23,5 derajat LU hingga 23,5 derajat LS. Singgahnya matahari di tempat ini menyebabkan pada saat tertentu, bayangan sama sekali tak terlihat.

Meski demikian, bayangan akan muncul lagi usai tengah hari. Peristiwa ini akan terjadi di beberapa lokasi, seiring pergerakan semu matahari. Jumat (2/3) besok, peristiwa serupa terjadi di Semarang, dan Sabtu (3/3) lusa di Jepara.
sumber:internet

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar