Sabtu, 25 Februari 2012

Permen Susu Kerbau, Makanan Khas Sumbawa Besar


Zona Aneh - Bagi pencinta penganan rasa manis, patut mencoba makanan khas warga Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat, tepatnya di Desa Penyaring, Kecamatan Moyo Utara, Kabupaten Sumbawa. Makanan tersebut adalah permen karamel yang terbuat dari susu kerbau segar.

Rasanya yang manis dan gurih, kandungan gizinya bisa disejajarkan dengan susu kedelai, membuat warga setempat mulai menjadikannya sebagai mata pencaharian. Salah satunya adalah Siti Aisyah. Usaha rumahan yang dilakukannya kini mampu memproduksi permen karamel susu sebanyak tujuh hingga delapan kilogram.

Tidak hanya laku dijual di wilayah Sumbawa, pesanan dari luar kota seperti Jakarta pun mulai berdatangan. Sayang keterbatasan bahan baku susu kerbau membuat Aisyah tidak sanggup memenuhi pesanan permen karamel susu kerbau tersebut.

Cara membuat permen karamel susu kerbau ini pun tidak sulit. Bahan baku yang dibutuhkan hanya susu kerbau segar dan gula dengan perbandingan dua banding satu. Campuran susu kerbau dan gula bisa berubah menjadi karamel setelah tiga jam diaduk dan dipanaskan di api sedang.

Kini para pembuat permen karamel susu kerbau berharap adanya bantuan dari pemerintah setempat untuk pasokan bahan baku berupa susu kerbau agar usaha rumahan mereka bisa semakin berkembang.
sumber:internet

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar