Selasa, 28 Februari 2012

Usir Asam Urat dengan Susu

Usir Asam Urat dengan Susu
Zona Aneh - Usir Asam Urat dengan Susu - Mengonsumsi susu skim (tanpa lemak) sudah dikenal sejak lama memiliki banyak manfaat, khususnya untuk menurunkan kadar kolesterol. Bahkan sebuah riset terbaru yang dipublikasikan dalam British Medical Journal dan Annals of the Rheumatic Diseases menyarankan agar mereka yang menderita sakit asam urat untuk mengonsumsi susu skim secara teratur guna mengurangi gejala penyakit ini.

Dalam risetnya peneliti menemukan bahwa mengonsumsi susu skim yang diperkaya dengan dua senyawa, ekstrak lemak susu (G600) dan glycomacropeptide (GMP), bisa menjadi solusi alami untuk mengurangi gejala umum seperti nyeri, yang biasanya menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan. Disamping susu skim ada susu jenis lain yang banyak manfaatnya, manfaat Susu Kedelai juga tidak kalah besarnya dengan susu skim.

Temuan ini bukanlah studi ilmiah pertama yang memfokuskan hubungan antara konsumsi produk susu dan asam urat. Riset sebelumnya menemukan bahwa orang-orang yang sedikit atau jarang mengonsumsi produk susu memiliki risiko lebih tinggi untuk menderita asam urat di kemudian hari.

Para peneliti dari studi eksperimental juga mengamati risiko terjadinya kekambuhan pada 120 peserta yang mengalami asam urat, dan ditemukan bahwa semua penderita asam urat mengalami setidaknya dua kali kekambuhan selama empat bulan masa studi.

Untuk melihat efek dari konsumsi susu terhadap asam urat, peneliti membagi para peserta ke dalam tiga kelompok. Kelompok pertama: peserta diberik susu bubuk skim, kelompok kedua mengonsumsi susu bubuk laktosa, dan kelompok ketiga diberi susu skim yang diperkaya dengan G600 dan GMP.

Setiap bulan, kondisi kesehatan peserta diperiksa dan dan dilihat gejala tambahan yang mungkin terjadi. Setelah itu para ahli membuat catatan kondisi kesehatan harian pasien dan seberapa sering mereka mengalami nyeri.

Hasil kajian menunjukkan, tidak ada perubahan serius terkait kekambuhan dan nyeri setelah tiga bulan pertama. Tapi satu bulan kemudian, perubahan mulai terlihat jelas pada kelompok yang diberi susu skim yang diperkaya (G600 dan GMP), yang menunjukkan beberapa penurunan gejala asam urat. Bahkan, para ilmuwan berhasil menemukan adanya perbaikan pada sendi tender dan jumlah asam urat pada urin dari peserta studi kelompok ketiga (susu skim yang diperkaya G600 dan GMP).

"Ini adalah percobaan terkontrol acak pertama yang dilaporkan dari intervensi diet dalam pengelolaan asam urat, dan menunjukkan bahwa asupan harian susu bubuk skim yang diperkaya dengan GMP dan G600 dapat mengurangi risiko kekambuhan," kata peneliti.

Para penulis studi menggarisbawahi bahwa diet susu rendah lemak dengan susu skim yang diperkaya senyawa tambahan (GMP dan G600) tidak akan memicu kenaikan berat badan, komplikasi serius atau efek samping lainnya.
sumber:internet

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar