Rabu, 04 April 2012

Bahaya Memakai Lipstik


Peneliti dari University of Sao Paulo, Brazil menemukan dampak buruk lipstik bagi kesehatan. Peneliti menemukan beberapa lipstik mengandung parafin, yaitu salah satu zat yang bisa merusak enamel gigi.

"Beberapa produk kecantikan memang menggunakan parafin dalam jumlah sedikit. Tapi jika produk ini digunakan secara teratur maka bisa menyebabkan karies gigi (keropos gigi)," ujar ketua kelompok penelitian,

Antonio Habier, parafin yang melekat pada permukaan gigi akan membuat partikel-partikel kecil dari makanan melekat dengan mudah. Kondisi ini akan menciptakan tempat perkembangbiakan yang baik bagi reproduksi bakteri menular. Sehingga penggunaan lipstik secara teratur bisa menimbulkan infeksi yang membuat retakan kecil atau membentuk rongga di enamel gigi.

Selain membahayakan gigi, penggunaan lipstik berbahan dasar timbal juga berbahaya karena mengandung racun.

Badan Penanganan Obat dan Makanan Amerika Serikat menemukan beberapa produk lipstik yang mengandung timbal. Timbal merupakan metal beracun sangat berbahaya jika masuk ke dalam tubuh manusia.

Bahan timbal biasa digunakan dalam industri modern sebagai bahan campuran pembuatan baterai, cat, pipa air, dll. Jika timbal terkontaminasi dalam tubuh manusia dalam jangka waktu lama, maka akan menyebabkan gangguan fungsi otak dan gangguan darah dalam tubuh.

Untuk mencegah dan menguji apa lipstik tertentu mengandung bahan timbal atau tidak, maka perhatikan bentuk kemasannya. Jika rusak atau cacat jangan diterima dan perhatikan apa produk tersebut mendapat izin BPOM atau tidak.

Dan jika terjadi alergi pada bibir Anda setelah menggunakan lipstik, sebagai pertolongan pertama Anda bisa berkumur-kumur dengan air garam. Untuk mengurangi rasa gatal dan jika tak hilang hubungi dokter segera.

dedinewsonline.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar