Selasa, 03 April 2012

Bencana Titanic menyalahkan Bulan?

Untuk 100 tahun itu telah memanggul kesalahan atas tenggelamnya kapal Titanic tapi sekarang gunung es yang banyak difitnah dapat diampuni setelah sebagian ilmuwan mengidentifikasi pelakunya baru - bulan.


Meskipun tabrakan dengan sebuah bongkahan besar es akhirnya membawa kapal penumpang berakhir bencana, itu aneh lunar acara tiga bulan sebelumnya yang menempatkan rintangan di jalan, sebuah klaim studi baru.

Sebuah kombinasi yang sangat jarang faktor astronomi termasuk pendekatan terdekat bulan dengan Bumi dalam 1400 tahun menyebabkan air pasang yang sangat tinggi pada Januari 1912, peneliti menemukan.

Ini membengkak sekali dalam seumur hidup akan menyapu bidang besar gunung es dari tempat biasa mereka beristirahat di lepas pantai Kanada dan menyebabkan mereka melayang lebih jauh ke selatan.

Itu akan diambil mereka hampir tepat tiga bulan untuk mencapai jalur pelayaran dimana kapal Titanic tenggelam pada tanggal 14 April dengan biaya 1.500 nyawa, para ilmuwan melaporkan dalam Sky & Telescope majalah.

Prof Donald Olson dari Texas State University, yang memimpin penelitian, mengatakan: "Mereka pergi kecepatan penuh ke daerah dengan gunung es, itu benar-benar apa menenggelamkan kapal tersebut, tetapi koneksi lunar dapat menjelaskan bagaimana jumlah yang sangat besar gunung es masuk ke jalan kapal Titanic.

Pasang surut yang luar biasa tinggi yang dikenal sebagai gelombang musim semi disebabkan ketika bulan dan garis matahari dalam cara yang berarti gravitasi mereka menarik yang ditingkatkan.
Pada 4 Januari 1912 Bulan datang lebih dekat ke bumi dari pada setiap titik dalam 1.400 tahun sebelumnya, dan mencapai titik terdekat dalam waktu hanya enam menit dari bulan purnama.
Ini kebetulan yang jarang terjadi hanya sehari setelah Bumi melakukan pendekatan terdekat tahunan dengan matahari, dan kombinasi aneh faktor melawan rintangan besar disebabkan gelombang musim semi catatan.

Ini sudah cukup untuk mengusir sejumlah besar gunung es dari perairan dangkal di sekitar Labrador dan Newfoundland dan menyapu mereka ke dalam arus selatan, meninggalkan mereka waktu hanya cukup untuk mencapai jalur Titanic pada April, kata para peneliti.

Prof Olson menambahkan: "Kami tidak mengklaim tahu persis di mana gunung es Titanic adalah pada Januari 1912 - tidak ada yang bisa tahu itu - tapi ini adalah skenario yang secara ilmiah masuk akal."

telegraph.co.uk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar