Rabu, 11 April 2012

Cewek Lebih Senang Main HP Saat Nyetir

Carolina - Dibanding remaja pria, remaja wanita ternyata dua kali lebih senang menggunakan ponsel dan perangkat elektronik mereka ketika mengemudi dibanding remaja pria. Padahal ponsel merupakan salah satu barang yang paling mengganggu dan berbahaya ketika mengemudi.

"Ponsel, SMS, peralatan pribadi dan hal-hal lain di dalam mobil adalah gangguan paling umum di mobil pengendara remaja," ujar Presiden dan CEO AAA Foundation Peter Kissinger yang melakukan penelitian ini seperti dilansir autoblog, Rabu (8/3/2012).

"Studi baru ini memberikan tampilan terbaik yang kita miliki tentang bagaimana remaja terlibat dalam perilaku mengemudi yang diyakini berkontribusi untuk membuat mobil kecelakaan dan menjadi penyebab utama kematian remaja," tambahnya.

Sementara itu, penelitian lain yang dilakukan UNC Highway Safety Research Center juga menunjukkan bahwa perilaku remaja yang tetap mengemudi meski sering terganggu oleh ponsel dapat menyebabkan banyak kondisi seperti rem mendadak atau ngebut.

Selain kebiasaan pengemudi, penumpang pun ternyata juga mempengaruhi perilaku pengemudi seperti mengobrol yang menggangu konsentrasi pengendara.

Data untuk penelitian ini dianalisis dari 7.858 video dari kamera yang ditaruh di mobil 50 keluarga di Carolina Utara dengan pengendara remaja pemula selama 6 bulan lamanya.

Studi pertama ingin melihat bagaimana orang tua mengawasi anak-anaknya selama tahap belajar, lalu studi kedua melihat bagaimana tingkah laku remaja ketika awal tidak diawasi.

http://oto.detik.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar