Rabu, 18 April 2012

Ciri-Ciri Hamil Yang Perlu Wanita Ketahui Dengan Mudah

Ciri-Ciri Hamil Yang Perlu Wanita Ketahui Dengan Mudah, Memang secara medis masa-masa kehamilan secara pastinya cuma dapat di diagnosa oleh Dokter yang berpengalaman. Tetapi demikian sebenarnya telah ditunjukan ciri-ciri wanita hamil yang dapat kita jadikan patokan bahwa seseorang telah hamil. Berikut ini penjelasan beberapa gejala dan ciri-ciri hamil pada seorang wanita:

1. Seorang wanita tidak lagi mendapat haid/menstruasi pd bulan yang seharusnya berjalan. Jika mengalami kejadian seperti ini perlu diketahui secara pasti waktu hari pertama biasanya datangnya haid agar anda bisa mengetahui berapa usia kehamilan serta perkiraan waktu persalinan nantinya. Namun demikian, perlu di ketahui bahwa kedatangan haid yang tidak seperti biasanya juga bisa disebabkan oleh banyak faktor lainnya jadi sebelum periksa kedokter jangan terlalu yakin bahwa itu adalah kehamilan.

2. Pada Ciri-Ciri Hamil kedua yakni Sering Mual dan muntah-muntah. Hal ini karena adanya perubahan hormon pada sang wanita. Mual serta muntah ini sering kali disebut sebagai “morning sickness” karena terkadang kambuhnya rasa mual dan muntah tersebut berlangsung di pagi hari pada bulan-bulan pertama kehamilan.

3. Sering sekali buang air kecil. Perubahan ini terjadi disebabkan kandung kencing wanita tertekan oleh rahim yang membesar karena kehamilan tadi. Keluhan sering buang air kecil ini biasa akan sedikit berkurang pd umur kehamilan setelah 12 minggu dan akan kembali timbul setelah kehamilan 28 minggu.

4. Mengidam. Pada masa-masa awal bulan pertama kehamilan salah satu ciri-ciri wanita hamil biasanya ingin makan-makanan aneh dan tertentu saja. Namun hal ini terjadi hanya pada bulan-bulan pertama kehamilan berlangsung.

Ciri ciri hamil lainnya bahwa seorang wanita itu hamil yakni adanya pembesaran payudara dan puting payudara menjadi membesar dan berwarna gelap bahkan seringkali terasa sangat gatal dan terasa sakit. Namun setiap wanita memiliki tanda-tanda kehamilan yg tentunya sangat bervariasi satu dengan lainnya. Ada yang mengalami perubahan yang berat dan ada juga wanita hamil yang bahkan tidak mempunyai perubahan dan keluhan sama sekali pada dirinya. Apabila ciri-ciri kehamilan ini belum anda rasakan, maka ada baiknya anda dan pasangan melakukan tes lain seperti memeriksakan diri ke dokter kandungan.

Selain itu cara untuk mengetahui kehamilan yang paling sering di gunakan para Dokter untuk melakukan tes kehamilan adalah dengan menggunakan tes urin. Sebenarnya tes urin kehamilan ini dapat para wanita lakukan sendiri dengan hanya membeli alat test di apotik dan dapat langsung melakukan tes urin di rumah. Dengan melakukan Test urin kehamilan kita dapat mengetahui kadar HCG (Human Chorionic Gonadotropin) yakni sebuah hormon yang dihasilkan oleh plasenta dan jumlah kandungannya akan semakin meningkat dalam urin dan darah selama beberapa minggu pertama setelah konsepsi terjadi.

Namun dalam melakukan menggunakan tes diatas perlu diperhatikan instruksi yang telah disediakan ketika menggunakan alat tes urin tersebut. Untuk mendapatkan hasil yang akurat adalah jika tes tersebut dilakukan pada pagi hari, karena pada saat itu hormon HCG dalam urin sangat tinggi. Dan jika anda masih ragu apakah telah mengandung atau tidak setelah melakukan tes diatas ada baiknya segera datangi Dokter.

Dokter kandungan bisa memastikan kehamilan anda dengan USG (Ultrasonografi), dengan melakukan metode ini Dokter kandungan akan memperlihatkan gambaran janin dalam kandungan jika anda memang benar-benar hamil. Semoga beberapa langkah-langkah Ciri-Ciri Hamil yang telah dijelaskan diatas dapat sedikit membantu anda menganalisa secara dini kehamilan dan silakan baca artikel Kehamilan Trimester Kedua dan Posisi Berhubungan badan ketika Hamil Muda.

sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar