Kamis, 05 April 2012

Foto Baru Bima Sakti Dengan 1 Miliar Bintang


Lebih dari satu miliar bintang merintis terang dalam foto baru dari galaksi Bima Sakti kita tersentak oleh sebuah tim astronom internasional.

Gambar baru, yang dirilis hari ini (Maret 28), menggabungkan gambar inframerah dari Bima Sakti yang diambil selama survei langit oleh dua instrumen yang berbeda, Inggris Infrared Telescope di Hawaii dan teleskop VISTA di Chile. Foto ini merupakan bagian dari proyek 10-tahun yang mengumpulkan pegunungan data untuk membantu penelitian panduan masa depan, kata para ilmuwan.

"Ini gambar yang luar biasa memberi kita perspektif baru dari galaksi kita, dan menggambarkan luas penemuan kami dapat membuat dari survei langit besar," kata Nick Cross, dari University of Edinburgh, dalam sebuah pernyataan. "Setelah data diproses, diarsipkan dan diterbitkan oleh tim yang berdedikasi meninggalkan ilmuwan lain bebas untuk berkonsentrasi pada menggunakan data, dan merupakan cara yang sangat hemat biaya untuk melakukan astronomi."

Palang akan menyajikan gambar Kamis (Maret 29) di Pertemuan Astronomi Nasional 2012 di Manchester, Inggris.

Foto menunjukkan pesawat dari Bima Sakti, yang sering digambarkan sebagai tampak seperti dua telur goreng back-to-back, dengan disk datar di tengah. Bumi dekat dengan tepi ini disk; gambar baru menunjukkan bagian-lintas melalui disk yang dilihat dari perspektif planet kita, kata para peneliti.

Karena gambar itu diambil dalam cahaya inframerah, memotong melalui banyak debu Bima Sakti menghalangi, yang memungkinkan para astronom untuk mengamati rincian dari pusat galaksi. Skala besar struktur juga terlihat, seperti awan besar debu dan gas dimana bintang-bintang membentuk pada tingkat yang cepat.

Sementara foto baru menangkap jumlah yang belum pernah terjadi sebelumnya bintang, itu jauh dari gambaran bintang lengkap dari Bima Sakti. Para astronom berpikir galaksi kita mengandung setidaknya 100 miliar bintang, dan mungkin sebanyak 400 milyar. Mendapatkan semua itu dalam satu frame akan cukup sebuah prestasi.

SPACE.COM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar