Sabtu, 21 April 2012

Kuda Terpintar Bisa Berhitung Hingga Angka 19


Kuda asal California ini disebut-sebut sebagai yang terpintar di dunia. Ia tak hanya mahir berlari dalam perlombaan seperti kuda-kuda lainnya. Namun, kuda bernama Lukas ini juga mampu berhitung hingga angka 19.

Kemampuan pintarnya ini bahkan telah diakui oleh Guinness World Record di 2009. Sang pemilik, Karen Murdock, mengaku telah menyadari sejak awal bahwa Lukas berbeda dengan kuda-kuda lainnya.

"Dari awal aku bisa mengatakan kalau Lukas memang pintar," ujar Karen. "Dia bisa berpikir bahwa berlari memutari (papan penghalang) lebih mudah ketimbang melompatinya."

Semenjak menyadari kepintaran Lukas ini, Karen lalu mulai mengajari kuda berwarna coklat itu mematuhi perintah-perintah sederhana. Hal itu membuat Lukas tak hanya bisa berhitung, namun juga mampu duduk seperti anjing jika diperintah.

"Caranya memperhatikan sangat mengagumkan, aku mengajarinya mematuhi perintah kemari, mengangkat kaki dan duduk," ujar Karen. "Kemudian menggunakan metode pengulangan, aku mulai mengajarinya bagaimana membedakan bentuk dan angka."

Selain pintar, Lukas ternyata juga mampu menjalin ikatan batin yang kuat dengan sang pemilik. Karen mengungkapkan bahwa Lukas menjalin hubungan yang sangat dekat dan saling mendukung dengan semua anggota keluarganya. (wk/rs)


sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar