Sabtu, 21 April 2012

Otak Anak yang Tak Pernah Berhenti Bekerja


Ghiboo.com - Di usia 12 bulan hingga tahun ketiga, anak-anak mengalami pertumbuhan yang pesat. Bahkan, otak mereka tidak berhenti berkembang setiap hari, 24 jam non stop.

Tak salah jika fase tersebut dinamai masa keemasan (golden years) karena menentukan pertumbuhan tubuh maupun otak anak.

Ahli otak Nancy Slessenger mengatakan, di tahun pertama usianya, otak anak akan berkembang sangat cepat. Hal tersebut dapat dilihat dari perkembangan perilaku anak yang cukup drastis.

"Setiap orangtua akan memerhatikan hal itu, bagaimana perilaku anak, pemahamannya dan bagaimana mereka berinteraksi dengan dunia di tahun pertama," ujarnya seperti dilansir babyworld.co.uk.

Menurutnya, setelah tahun pertama, otak anak sudah menyerupai otak orang dewasa. Pada usia tiga tahun, otak anak sudah memiliki ribuan triliun sambungan antar saraf atau dua kali lipat yang dimiliki otak orang dewasa.

Karena perkembangan yang cepat, di fase ini otak anak membutuhkan asupan nutrisi yang tepat, karena untuk berkembang otak memerlukan energi.

Bahkan, kebutuhan energi otak anak jauh lebih besar dari energi yang dibutuhkan tubuh untuk tumbuh.

Meski pada usia 1-6 tahun berat otak anak hanya 10 persen dari berat tubuhnya, kebutuhan energi otak mereka 40 persen lebih banyak dari kebutuhan energi tubuh.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar