Sabtu, 07 April 2012

Perilaku Sadar Wanita Pedesaan dan Wanita Perkotaan(Kanker Payudara)


ABSTRAK

Penyakit kanker payudara menunjukkan kecendrungan yang semakin meningkat. Upaya penanggulangan masih banyak menemukan kendala karena sebagian besar penderita datang berobat pada stadium lanjut yang sulit disembuhkan. Dan sadari merupakan metoda yang paling efektif dan efisien untuk menemukan kanker payudara pada stadium dini. Wanita didapati beresiko lebih besar terkena kanker payudara dibandingkan laki-laki. Informasi dan edukasi tentang sadari memberi arah pada terbentuknya perilaku individu. Kemudahan akses informasi dan edukasi tentang sadari antara mereka yang tinggal di desa dan kota dapat menyebabkan adanya perbedaan perilaku antara wanita desa dan wanita kota terhadap perilaku sadari.

Penelitian deskriptif eksploratif untuk mengetahui gambaran dan perbedaan perilaku wanita desa dan kota terhadap perilaku sadari. Beberapa faktor yang terkait dengan pembentukan perilaku juga dianalisa pengaruhnya. Metode “convinient sampling” digunakan untuk melibatkan seratus dua puluh enam wanita dalam penelitian ini.

Hasil penelitian menunjukkan rerata skor kognitif dan psikomotor responden desa dan kota termasuk dalam kategori tidak baik dan kurang baik. Namun demikian kecendrungan sikap responden desa dan kota terhadap sadari berada dalam rentang positif. Analisa t-test menunjukkan bahwa perbedaan skor kognitif, psikomotor dan afektif responden desa dan kota tidak bermakna (p > 0,05).

http://fkep.usu.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar