Minggu, 29 April 2012

Punya Bentuk Wajah Seimbang Pertanda Kondisi Kesehatan & Gen yang Baik

Jakarta, Ukuran-ukuran wajah yang simetris (seimbang) ternyata bisa menunjukkan kondisi kesehatan dan gen yang baik dari seseorang. Seperti apa anatomi atau bentuk wajah yang simetris itu.

Menurut para ilmuwan, wajah dikatakan sangat proporsional jika jarak antara mata sebanyak 46% dari lebar seluruh wajah. Maka sebuah perusahaan kosmetik asal Inggris mengadakan kompetisi siapakah yang memenuhi kriteria ini. Dan terpilihlah seorang perempuan muda berusia 18 tahun bernama Florence Colgate.

Colgate memiliki jarak antara kedua mata sebanyak 44% dari lebar seluruh wajahnya. Ia terpilih di antara lebih dari 8.000 orang perempuan yang mendaftar dan dinobatkan sebagai perempuan dengan wajah alami paling cantik di Inggris, tanpa menggunakan riasan apapun.

Menurut penelitian, kecantikan wajah seorang perempuan dapat disederhanakan dalam sebuah perbandingan. Seperti yang telah disebutkan di atas, wajah sempurna memiliki jarak antara mata sebesar 46% dari lebar seluruh wajah. Jarak antara mata dan mulut adalah sepertiga dari panjang wajah dari garis rambut ke dagu. wajah Colgate memiliki perbandingan sebesar 32,8%.

Fitur wajah feminim seperti mata yang besar, tulang pipi yang tinggi, dan bibir yang penuh merupakan tanda-tanda kesuburan, kesehatan dan kualitas gen yang baik. Selain itu, hal yang tak kalah penting adalah rona kulit. Rona kulit kekuningan mencerminkan kondisi yang sehat dan dianggap sangat menarik.

"Teman-teman dan keluarga mengatakan kalau saya cantik alami dan mendorong untuk mengikuti kompetisi, jadi saya berani mencobanya. Saya tidak keberatan jika harus difoto tanpa riasan karena sudah terbiasa. Saya tidak pernah memakai banyak riasan dan berharap orang yang melihat saya akan berpikir memakai banyak riasan sebenarnya tidak perlu," kata Colgate seperti dilansir Huffington Post, Minggu (29/4/2012).

Colgate saat ini sedang mempelajari bisnis, geografi dan psikologi di Grammar School Dover dan berharap dapat meneruskan kuliah di bidang manajemen bisnis di universitas. Namun ia juga mengaku senang jika bisa berkarir di bidang modeling setelah memenangkan kompetisi.

"Kecantikan sangat terkait dengan simetri. Wajah Colgate terlihat sangat muda dan feminin. Kemudaan dan feminitas sangat berkaitan dengan kesuburan dan daya tarik. Lebih khusus lagi, Colgate memiliki semua tanda-tanda klasik kecantikan seperti mata yang besar, tulang pipi yang tinggi, bibir penuh dan kulit yang halus," kata Carmen Lefevre, PhD dari laboratorium persepsi sekolah psikologi University of St Andrews.

Simetri merupakan tanda-tanda yang sangat penting bagi daya tarik. Meskipun tidak disadari dalam interaksi sehari-hari, wajah kebanyakan orang tidak sama pada bagian kanan dan kiri. Misalnya, ukuran mata berbeda atau hidung sedikit bengkok di satu sisi. Wajah yang simetris adalah pertanda kondisi kesehatan dan gen yang baik.

Setelah memenangi kompetisi yang berjudul 'Lorraine: Naked' ini, wajah Colgate akan terpajang di papan reklame di seluruh Inggris menawarkan produk-produk Lorraine. Dalam kompetisi ini, seluruh kontestan dinilai kecantikannya tanpa menggunakan riasan sama sekali. Perempuan yang telah menjalani operasi plastik tidak diperbolehkan mengikuti kompetisi.
(pah/ir)

Putro Agus Harnowo - detikHealth

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar