Selasa, 01 Mei 2012

1 dari 7 Orang Yakin Kiamat Hampir Tiba

1 dari 7 Orang Yakin Kiamat Hampir Tiba
Sebuah survei unik dilakukan dengan melibatkan 16.262 responden di lebih dari 20 negara di dunia. Salah satu pertanyaan yang diajukan: apakah Anda yakin kiamat akan segera tiba?

Berdasarkan hasil jajak pendapat itu diketahui bahwa hampir 15 persen responden dari seluruh dunia meyakini mereka akan menjalani pengalaman menghadapi kiamat dalam hidup mereka. Sementara 10 persen di antaranya mengaku percaya kalender Bangsa Maya meramalkan kiamat akan terjadi pada tahun ini, 2012.

Kalender Bangsa Maya akan mengakhiri periode 5.125 tahunnya pada pada 21 Desember 2012. Itu memicu kehebohan, sebagian orang mengira itu adalah akhir dunia.

"Apapun pendapat mereka, apakah kiamat akan datang melalui tangan Tuhan, bencana alam, maupun kekisruhan politik, apapun alasannya, satu dari tujuh orang berpendapat, kiamat akan segera datang," kata Keren Gottfried, manajer riset Ipsos Global Public Affairs, yang melakukan jajak pendapat untuk Reuters.

"Mungkin, persepsi mereka dipengaruhi maraknya pemberitan media tentang interpretasi ramalan Suku Maya yang menyebut, 'dunia akan 'berakhir' saat kelendar kami mengakhiri periodenya pada 2012," kata Gottfried, menambahkan sejumlah sarjana Maya telah membantah penafsiran itu.

Lain negara, lain juga hasil survei yang didapat. Misalnya, hanya enam persen warga Prancis yakin mereka akan mengalami "Armageddon", dibandingkan 22 persen warga Turki dan Amerika Serikat. Lebih sedikit lagi mereka di Afrika Selatan dan Argentina.

Namun, hanya 7 persen orang Belgia dan 8 persen di Inggris Raya yang mengaku khawatir, mereka akan menghadapi kiamat dalam hidupnya.

Sementara, satu dari 10 orang secara global mengaku, takut atau cemas soal prediksi kiamat 2012. Jumlah mereka yang didera khawatir paling besar berada di Rusia, Polandia. Paling sedikit di Inggris.

Gottfried juga mengatakan bahwa orang dengan pendidikan atau tingkat pendapatan rumah tangga yang lebih rendah, juga mereka yang berusia di bawah 35 tahun, lebih berpeluang untuk percaya kiamat akan terjadi selama mereka hidup atau bahkan bahwa kiamat akan terjadi pada 2012.

"Mungkin mereka yang lebih tua telah hidup cukup lama untuk tidak peduli dengan apa yang akan terjadi pada masa depan," jelasnya.

Pertanyaan soal kiamat diajukan Ipsos pada responden di China, Turki, Rusia, Meksiko, Korea Selatan, Jepang, Amerika Serikat, Argentina, Hungaria, Polandia, Swedia, Perancis, Spanyol, Belgia, Kanada, Australia, Italia, Afrika Selatan, Inggris, Indonesia, dan Jerman .

Ramalan soal kiamat bahkan membuat Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) kerepotan. Meski sudah menjelaskan panjang lebar di situsnya, bahwa isu kiamat akhir tahun ini bohong belaka, masih ada saja orang yang penasaran.

Seperti dimuat Daily Mail, 10 Januari 2012, NASA mendapat sekitar 5.000 surat elektronik atau email yang bertanya soal ramalan Maya. Di antaranya bahkan mengajukan pertanyaan ekstrem: apakah mereka sebaiknya bunuh diri sebelum hari akhir tiba.

sumber : dunia.vivanews.com
Infoinfo unik Review Rating: 85 out of 100 based on30012 reviews.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar