Rabu, 09 Mei 2012

3 Bahaya Menahan Buang Air Kecil


Rasa ingin buang air kecil terkadang memang selalu datang secara tiba-tiba. Dan terkadang kita juga sering menahan buang air kecil dengan berbagai alasan, malas, sibuk dan sebagainya.

Namun tanpa kita sadari hal sepele tersebut jika terlampau sering kita lakukan maka juga dapat menyebabkan masalah besar. Banyak bahaya yang dapat menyerang kesehatan kita secara mendadak jika kita sendiri tak bisa menjaganya.

Berikut 3 bahaya yang ditimbulkan akibat menahan buang air kecil :

1. Menyebabkan penyumbatan ureter ginjal

Ini karena urin yang berisi limbah tubuh tak langsung dikeluarkan. Dokter spesialis penyakit dalam, Dr Hasyim Kasim SpPD-KGH dalam fajar.co.id menjelaskan ibarat saluran air yang tidak rutin dibersihkan, kotorannya akan membuat saluran tersumbat. Bukan hanya itu, kotoran yang tidak ke luar juga akan menimbulkan pembusukan.

2. Infeksi Ginjal

Jika kencing ditahan berjam-jam dan jumlah kuman sangat banyak, maka kuman itu akan naik ke atas, ke arah ginjal. Hal ini tidak biasa, tetapi bisa terjadi. Akibatnya, bisa terjadi gangguan infeksi pada ginjal.

3. Merusak Kandung Kemih

apabila kita tidak melakukan buang air kecil atau kencing ini, maka ada kemungkinan zat-zat tersebut akan merusak saluran kemih kita. Apalagi bila air kencing mengandung kuman. Semakin lama air seni ini di kandung kemih, semakin banyak kuman yang ada.
Melihat akibat yang ditimbulkan karena menahan kencing, ketika merasa kencing maka segeralah untuk melaksanakannya. Sehingga zat yang berbahaya tidak berkembang dalam tubuh kita.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar