Rabu, 16 Mei 2012

Fakta Menarik Tentang Otak


Fakta Menarik Tentang Otak





inilah fakta yang luar biasa mengenai otak manusia:


1. 
Operasi otak bisa dilakukan saat pasien dalam keadaan sadar Pada penderita tumor otak dan kejang karena epilepsi, dokter bisa mengoperasi otak pasien sambil mengajaknya berbicara. Cara ini lebih diyakini aman dan akurat dalam memetakan bagian otak mana yang mengalami masalah, dalam kaitannya dengan kontrol penglihatan, kemampuan berbahasa dan gerak tubuh.

2.
Otak membuat manusia tidak bisa menggelitik dirinya sendiri, Manusia gampang sekali geli jika digelitik orang lain, tapi jika menggelitik dirinya sendiri malah tidak geli. Ini karena otak bisa membedakan sentuhan dari tubuh atau orang lain.

3.
Setiap hari ada sekitar 85.000 neuron yang hilang dari otak kita. terutama neuron-neuron yang tidak pernah kita pakai.



4.
Besar otak seseorang tidak menentukan kepandaiannya. Seseorang disebut pandai tergantung dari seberapa banyak KONEKSI yang terjadi antar neuron.



5.
Jika otak tidak mendapat oksigen selama 5-10 menit, otak akan mengalami kerusakan parah.



6.
Otak TIDAK BISA membedakan antara kenyataan dan imajinasi. Imajinasi Anda seringkali dianggap kejadian sungguhan oleh otak Anda. Inilah dasar ilmiah dari pentingnya melakukan visualisasi positif.



7.
Sesuatu yang bersifat sangat emosional akan jauh lebih kuat terekam dalam memori otak kita.



8.
Informasi bisa diproses oleh otak Anda secepat 120 meter/detik. Begitu cepatnya sampai Anda seringkali tidak sadar prosesnya.



9.
Alkohol bisa memperlemah hubungan koneksi antar neuron yang membuat kemampuan berpikir dan memori Anda melemah.



10.
Otak tidak memiliki sensor rasa sakit, sehingga otak tidak bisa merasakan sakit.

11.

Untuk menyamai kemampuan otak, maka kita harus membuat komputer yang besarnya bisa mencapai 5 kali ukuran lapangan sepak bola, padahal otak kita mampu melakukan fungsi luar biasanya hanya dengan tenaga listrik 23 watt (irit banget kan untuk zaman kenaikan TDL?)
12. 

Semua emosi/perasaan Anda, ternyata diproduksi oleh otak Anda. Tepatnya di sebuah bagian yang disebut dengan Amygdala.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar