Jumat, 04 Mei 2012

Hal Unik Dan Aneh Dari Dunia Penerbangan

Di dalam dunia penerbangan ada beberapa hal unik dan kejadian aneh yang terjadi. Hal unik misalkan dari bentuk pesawat, fungsi, maupun kecanggihan dari pesawat itu sendiri yang menjadikan pesawat tersebut berbeda dari yang lain. Berikut hal unik dan kejadian aneh di dalam dunia penerbangan:

1) Bentuk Pesawat Seperti Ikan Paus
Pesawat unik ini biasa digunakan untuk mengangkut pesawat ataupun bagian pesawat lainnya yang belum dirakit. Beberapa namanya yang terkenal adalah Airbus Beluga dan Transporter.



2) Sonic Boom
Pesawat ini memiliki kecepatan secepat kecepatan suara dan dapat menempuh jarak 1 km hanya dalam 3 kali kedipan mata, sehingga dapat menimbulkan suara dentuman seperti suara petir.


3) Aerion Supersonic
Pesawat ini hanya diperuntukan untuk 12 penumpang. Kecepatannya melebihi pesawat penumpang bermesin jet lainnya. Pesawat ini dapat terbang dari Paris ke New York hanya dalam 4 jam 14 menit, yang artinya lebih cepat 3 jam dari pesawat penumpang bermesin jet lainnya.



4) Bandara Heathrow yang selalu diganggu oleh kawanan burung di landasan pacu nya
Sudah berbagai cara dilakukan untuk mengusir kawanan burung-burung ini dari daerah sekitar bandara. Mulai dari memasang pita khusus untuk mempersulit kawanan burung ini terbang lalu lalang hingga alat khusus yang dapat mengirimkan gelombang suara yang dapat menakutinya, namun mereka tetap senang bermain di bandara ini.


5) Gibraltar Airport
Bandara ini sangat unik, karena landasannya memotong jalur kendaraan umum lainnya. Seperti yang dapat kita lihat pada gambar, kendaraan yang akan lewat harus berhenti dahulu apabila ada pesawat yang mau melintas di landasan tersebut. Seperti kita antri saat kereta api mau lewat, tetap juga ada kendaraan yang nekat menerobos palang pintu penjagaan.



6) Manuver Helikopter yang luar biasa dari pilot yang handal
Terjadi di Afghanistan, disaat helikopter bantuan datang untuk menyelamatkan tentara yang terluka dari atap sebuah gubuk. Hanya pilot handal dan helikopter berteknologi tinggi yang dapat melakukan manuver ini.


7) Wingtip Vortices
Gesekan antara udara dan sayap menimbulkan panas dan meng-kondensasikan udara yang hampir mencapai titik embun, lalu terbentuklah jejak-jejak uap air di ujung pesawat. Garis asap yang kita lihat setiap kali pesawat melintas itu trjadi karena proses kondensasi.


8) Pesawat tanpa suara
Sebutannya adalah 'Silent Aircraft Initiative', pesawat ini tidak mengeluarkan suara bising dan juga hemat bahan bakar. Cocok digunakan sebagai pesawat mata-mata.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar