Kamis, 10 Mei 2012

Inilah Asal-Usul Nama Rupiah

Inilah Asal-Usul Nama Rupiah - Rupiah (Rp) adalah nama mata uang Indonesia, kodenya adalah IDR. Konon Nama ini diambil dari mata uang India yaitu rupee. Sebelumnya di daerah yang disebut Indonesia sekarang menggunakan gulden Belanda dari tahun 1610 sampai tahun 1817, ketika gulden Hindia-Belanda mulai diperkenalkan.

Inilah Asal-Usul Nama Rupiah

Nama rupiah pertama kali digunakan secara resmi dengan dikeluarkannya mata uang rupiah pada jaman pendudukan Dai Nippon tepatnya pada saat terjadinya Perang Dunia II. Setelah perang selesai, Bank Jawa, yang waktu itu menjadi pelopor Bank Indonesia, mengeluarkan Rupiah. Sedangkan Tentara Sekutu mengeluarkan Gulden Nica.

Inilah Asal-Usul Nama Rupiah

Sementara itu di daerah-daerah lain seperti di daerah yang sekarang disebut sebagai Indonesia, banyak beredar uang yang bertalian dengan aktivitas gerilya.

Kemudian pada tanggal 2 November, 1949 rupiah mulai ditetapkan sebagai mata uang nasional. Di daerah kepulauan Riau dan Papua, kala itu disana masih digunakan mata uang lain. Baru pada tahun 1964 dan 1971 rupiah digunakan di sana.

Sedangkan di daerah Timor Timur, rupiah digunakan dari tahun 1976 – 2001. dan semenjak mereka memisahkan diri dari Indonesia tepatnya tahun 2001 sampai sekarang digunakan dolar AS.

Sumber
Infoinfo unik Review Rating: 85 out of 100 based on32012 reviews.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar