Kamis, 03 Mei 2012

Inilah Kamera Digital Dari Kardus

Inilah Kamera Digital Dari Kardus
Teknologi kamera digital semakin lama semakin berkembang. Tapi, kamera digital ini lebih ramah lingkungan karena hanya dibuat dari kardus.

Adalah perusahaan furnitur dari Swedia, Ikea yang memproduksi kamera digital dari bahan kardus tersebut.

Hampir dari keseluruhan bagian kamera memang menggunakan bahan kardus karena untuk mendukung teknologi ramah lingkungan.

Awalnya kamera digital ini merupakan bagian dari kampanye ramah lingkungan yang diadakan di sekitar perusahaan.

Selain itu, kamera digital tersebut bertujuan agar pembeli furnitur mau memotret furnitur yang dibelinya, lantas dibagi di website Ikea.

Knappa dirancang oleh desainer Swedia Jesper Kouthoofd. Kamera ini memakai dua baterai AA dan ada koneksi USB yang bisa langsung digunakan untuk mentransfer foto.

Meski berformat digital dan pengguna bisa memotret sepuasnya, tapi Knappa hanya bisa digunakan untuk memotret sebanyak 40 obyek. Lebih dari itu, kamera sudah tidak bisa digunakan dan harus dibuang.

Namun karena kamera digital tersebut hanya memakai bahan ramah lingkungan yaitu kardus, maka untuk mendaur ulangnya pun gampang, sama seperti sampah daur ulang biasa.??Untuk memperolehnya, Ikea akan membagikannya secara gratis di toko-toko furnitur terpilih yang bekerjasama dengan Ikea di seluruh dunia.

Kecenderungan perusahaan untuk memakai teknologi ramah lingkungan ini sebenarnya sudah dilakukan oleh beberapa perusahaan ternama. Salah satunya adalah Asus.

Vendor asal Taiwan ini mengembangkan laptop hijau yang disebut Ecobook dengan penutup laptop dari bambu dan memakai bahan plastik daur ulang di dalamnya.

Komponen komputernya dilapisi kardus yang juga tidak dicat ataupun disemprot.??Contoh lain adalah Samsung yang membuat smartphone Samsung Blue Earth. Keseluruhan bahan ponsel tersebut memakai plastik seperti bahan botol plastik.

Di bagian belakangnya, ada panel surya untuk pengisian baterai. ??Ikea sendiri telah meluncurkan program teknologi ramah lingkungan sejak tahun lalu.

Sebelumnya, Ikea telah merilis proyek tenaga surya untuk salah satu tokonya di California. Panel ini diklaim bisa memberikan jumlah energi yang sama untuk 64 rumah dalam setahun.

sumber : www.wartanews.com
Infoinfo unik Review Rating: 85 out of 100 based on32210 reviews.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar