Rabu, 02 Mei 2012

Pemuda Ini Keliling Dunia Mencari Dinosaurus

Pembuat film dokumenter asal Missouri, Amerika Serikat mencari bantuan dana dari investor untuk membiayai ekspedisi di Afrika. Pemuda ini ingin mendokumentasikan flora dan fauna yang belum pernah ditemukan. Pemimpin ekspedisi, Stephen McCullah ini berharap dapat bertemu dinosaurus dalam keadaan hidup.

McCullah akan menjelajah Kongo, Afrika. Tempat ini dipilih karena menjadi rumah makhluk purba serupa dinosaurus, Mokèlé-mbèmbé. Reptil dengan panjang 11 meter ini memiliki kulit keabuan dan leher panjang yang fleksibel. Penduduk lokal percaya hewan ini hidup di gua sekitar sungai. Binatang buas ini sanggup memangsa gajah, kuda nil, dan buaya.

McCullah meminta donasi US$27 ribu melalui laman Kickstarter.com. Dana ini akan digunakan sebagai biaya perjalanan Ekspedisi Newmac.

“Kami tidak berharap langsung menemukan bukti konkrit wujud Mokèlé-mbèmbé pada ekspedis pertama. Tapi, kami berharap selama tiga bulan pertama ada bukti yang dapat menunjukkan keberadaannya apabila memang hidup di sana," urai McCullah seperti dikutip dari laman Life's Little Mysteries.

McCullah telah mempelajari cara menangkap binatang raksasa dalam keadaan hidup.

"Kami akan membawa senapan pembius. Tapi, masih banyak faktor yang harus diantisipasi apabila binatang seperti Mokèlé-mbèmbé tidak bisa dilemahkan dengan dibius," imbuhnya.

Pemimpin ekspedisi ini akan menggunakan berbagai teknologi mutakhir untuk membantunya melacak keberadaan hewan purba ini.

"Kami akan menggunakan citra satelit, kamera perekam jejak, kamera thermal untuk melacak binatang, dan sonar untuk pencarian di air keruh," ujar McCullah.
Permohonan dananya di Kickstarter telah mencapai US$16,146. Proyek ini akan terjadi apabila biaya yang diinginkan tercapai pada 11 Mei.

• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar