Kamis, 10 Mei 2012

Tipikal Orang Seperti Ini Mudah Kecanduan Facebook


Para psikologi dari University of Bergen, Norwegia, melakukan penelitian tentang orang-orang seperti apa yang mudah kecanduan jejaring sosial.

Mengutip laporan Telegraph, Rabu, 9 Mei 2012, tim psikolog itu mempelajari perilaku 423 siswa dalam menggunakan media sosial, seperti Facebook dan Twitter.

Para siswa diminta mengisi koesioner tentang skala ketergantungan menggunakan jejaring sosial. Ada enam kriteria yang masing-masing memiliki skor berbeda, mulai dari sangat jarang memakai sampai sangat sering mengakses media sosial.

Hasilnya, mereka menemukan bahwa para siswa yang kecanduan memakai Facebook memiliki tanda-tanda yang sama seperti yang ditunjukkan pada orang yang kecanduan obat-obatan, alkohol, dan zat kimia lainnya.

"Kecanduan jejaring sosial ini berpeluang besar terjadi pada anak muda dan wanita," tulis para peneliti dalam pernyataannya.

Selain itu, orang yang merasa terasing di dunia nyata berpeluang menjadi pengguna berat alias adiktif menggunakan website dan jejaring sosial.

Adapun pada orang yang sudah berumur dan lelaki, potensi kecanduan Facebook ini kemungkinan kecil terjadi. Alasannya, kegiatan yang mereka lakukan ketika berselancar di dunia maya pada umumnya berkaitan dengan pekerjaan.

Penelitian ini sudah dipublikasikan di jurnal Psychological Reports.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar