Minggu, 13 Mei 2012

Wanita Pembawa Kabar Kematian

Banshee dalam legenda Irlandia adalah roh wanita yang gentayangan karena dibunuh atau menurut kisah lain wanita yang meninggal karena melahirkan. Namun dalam mitologi Irlandia. Banshee dikenal sebagai roh wanita yang menandakan bahwa kematian sudah dekat.

Oleh karena itu makhluk tersebut juga terkenal dengan julukan pengantar pesan kematian. Banshee seringkali dimunculkan sebagai sosok yang menakutkan, ini terkait dengan pesannya sebagai pembawa kematian. Banyak ragam cerita yang memaparkan cara Banshee memberitakan kematian. Contoh yang paling sederhana adalah jika sesosok Banshee muncul di sebuah rumah maka salah seorang anggota keluarga di rumah tersebut akan meninggal.


Kepercayaan lain yang berkembang bahwa para Banshee memberi pertanda kematian dengan menyanyikan lagu berisi lirik-lirik kematian sendu pada keluarga tersebut.

Mahluk ini dipercaya memiliki kaitan erat dengan beberapa keluarga bangsawan Irlandia seperti O’Gradys, O’Neills, O’Briens, O’Connors serta Kavanagh. Bahkan konon sang Banshee akan mengabarkan kematian orang yang tidak disukainya lewat jeritan yang mengerikan!!

Ada beberapa versi cerita mengenai penampakan Banshee, kadang ia menampakan diri sebagai seorang wanita tua namun ia juga bisa menjelma sebagai seorang wanita cantik. Seringkali mahluk ini muncul dengan mengenakan pakaian putih atau abu-abu dengan rambut yang panjang dan indah. Dalam berbagai mitos dijelaskan bahwa para Banshee sangat menyukai rambut mereka yang indah dan rajin menyisir rambutnya dengan sisir perak yang indah.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar