Kamis, 03 Mei 2012

Wow,, Lukisan ini laku Rp 1,1 triliun

Termahal di dunia, lukisan ini laku Rp 1,1 triliun - Jika bukan seorang pecinta seni, barangkali anda akan merasa sangat heran mendengar harga lukisan ini. Karya mendiang pelukis Norwegia Edvard Munch yang bertajuk 'The Scream', dua hari lalu resmi menjadi sebuah karya seni termahal di dunia setelah laku dalam sebuah lelang di Balai Sotheby, Kota New York, Amerika Serikat seharga USD 120 juta atau setara dengan Rp 1,1 triliun.
Wow,, Lukisan ini laku Rp 1,1 triliun
Pihak Sotheby's mematok penawaran awal sebesar USD 80 juta. Pada saat lelang, dua pembeli melalui telepon saling bersaing. Setelah 15 menit perang harga, akhirnya lembaga penjual karya seni itu mengetok palu di angka USD 120 juta, seperti dilansir kantor berita Reuters, Jumat (4/5).

Sebelum akhirnya dipecahkan 'The Scream', karya seni paling mahal di dunia adalah lukisan Picasso yang berjudul 'Nude, green leaves and bust', seharga USD 106 juta. Saat itu rekor dipecahkan balai lelang seni rupa lain, yaitu Christie's.

Pihak Sotheby merahasiakan nama pembeli lukisan termahal ini. Tobias Meyer, pejabat balai lelang ternama itu menjamin sang pemilik tidak akan rugi mengeluarkan duit superbanyak buat menebusnya. "Lukisan ini pantas dihargai semahal itu, karena posisinya sebagai ikon seni rupa modern," ujar Meyer.

'The Scream' menggambarkan seorang pria berwajah murung dengan kedua tangan memegang dagu di latar belakang yang indah. Bagi pengamat seni, karya Munch ini hanya kalah dari lukisan Leonardo Da Vinci 'Monalisa'.

Lukisan yang harganya setara dana tahunan bantuan Bank Dunia ke ratusan negara miskin itu dahulu milik pengusaha Norwegia Petter Olsen. Munch membuat empat versi lukisan 'The Scream', tapi tiga versi lain sudah dimiliki museum negara asal pelukis Skandinavia itu.

Harga lukisan versi keempat ini bisa mahal karena dimiliki perorangan. Karya seni terkenal biasanya dibeli museum agar tidak menciptakan perang harga gila-gilaan.

sumber : www.merdeka.com
Baca juga
Infoinfo unik Review Rating: 80 out of 100 based on20024 reviews.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar